Apa Hukum Mengucapkan Selamat Natal bagi Seorang Muslim?

ust agus akhyar

Apa hukum mengucapkan selamat natal bagi seorang muslim?

Rabu (11/12), suasana di masjid raya Ibnu Sina dipenuhi dengan kegiatan para aktivis masjid. Ada yang sedang mengaji alquran, tutorial, dll. Tapi selesai solat ashar, semua aktivis berkumpul dalam satu acara kajian fikih yang bertemakan “bagaimana hukumnya mengucapkan selamat natal dan tahun baru dalam hukum syara” dengan pembicara Ust. Agus Akhyar. Tema ini dipilih karena tidak lain karena ummat muslim, akan menghadapi tanggal 25 desember dan 1 januari, yang mana keduanya merupakan perayaan ummat lain yang sering diikuti oleh sebagian kaum muslimin. Lantas, Apa hukum mengucapkan selamat natal bagi seorang muslim?

Padahal Rasulullah SAW. dalam hal ini pernah bersabda :

من تشبّه بقوم فهو منهم

“barang siapa yang mengikuti/ menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk pada golongan kaum tersebut”

Dari hadits tersebut, Nabi SAW. dengan jelas mengingatkan kaumnya agar tidak mengikuti atau menyerupai tindakan/perbuatan suatu kaum. Karena secara tidak langsung, ia telah berkontribusi bagi kaum tersebut secara tak sadar.

Ust. Agus menyatakan bahwa hari natal dan perayaan tahun baru masehi bukanlah termasuk dari hari raya Islam, karena ummat Islam hanya memiliki 2 hari raya, yaitu hari raya idul fitri dan idul adha. Tapi sebagian besar ummat muslim yang belum dalam tentang pemahaman tentang agamanya, malah mereka yang berkontribusi paling besar dalam perayaan, terlebih tahun baru masehi.

Ummat nasrani dan yahudi, yang merupakan pemilik dari kedua hari raya ini, tujuan utama mereka sebenarnya bukanlah supaya ummat muslim berkontribusi dalam perayaan, tapi tak lain adalah supaya ummat muslim mengikuti akan ajaran mereka secara perlahan-lahan.

ALLAH SWT. berfirman :

ولن ترضي عنك اليهود ولا النصارى حتي تتّبع ملّتهم

Yang artinya :

” dan tidak akan pernah rela ummat yahudi dan nasrani terhadap kalian hingga kalian mengikuti ajaran mereka ” ( QS. albaqoroh : 120)

[DBS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *