I’tikaf Spesial Masjid Al-Jihad Unpad: Renungan Perjalanan Kehidupan Rasulullah untuk Kebangkitan Islam

 

taraweh[Bandung, 12 Juli 2015] DKM Unpad Masjid Al-Jihad pada 11-12 Juli 2015, bertepatan dengan 25 Ramadlan 1436 H, menyelenggarakan program I’tikaf spesial, yang salah satu rangkaiannya diisi oleh kajian Renungan Sirah perjalanan dakwah Rasulullah sallawwaahu ‘alaihi wa sallam untuk menyongsong kebangkitan Islam. Kajian ini diisi oleh KH. Hafidz Abdurrahman, dari Yayasan CintaQuran.

Acara ini diawali dengan kajian Renungan Sirah pada malam tanggal 11 pukul 20.30-23.00. KH. Hafidz menceritakan perjalanan kehidupan dan perjuangan Rasulullah, khususnya ketika momen Bulan Ramadlan. Inspirasi dakwah Rasulullah ini memberikan arti Ramadlan ini supaya lekat dengan suasana perjuangan Islam, sebagaimana yang dialami oleh generasi Rasulullah bersama para Sahabanya. Penghayatan perjalanan sejarah generasi awal Islam tersebut di Bulan Ramadlan dapat menjadi salah satu cara untuk menggugah kesadaran dan pemikiran agar mencontoh mereka dalam mengusahakan kebangkitan Islam.

Setelah waktu istirahat malam, acara dilanjutkan berupa kajian subuh dengan membawa tema “Menyongsong Kebangkitan Islam.” KH. Hafidz pertama-tama memaparkan bahwa kondisi dunia saat ini menunjukkan satu sunnatullah bahwa sesuatu yang dibangun di atas landasan yang rapuh akan lambat laun mengalami keruntuhannya. Beliau menunjukkan ayat Qur’an yang berbicara mengenai hal ini. Sebaliknya, peradaban dunia yang dibangun oleh dasar yang kokoh, yakni keimanan dan ketakwaan, maka peradaban ini akan menjadi peradaban masa depan yang akan menggantikan peradaban saat ini yang rapuh.

Beliau pun menunjukkan dalil-dalil Qur’an dan Hadis tentang janji kemenangan dari Allah dan gejala Akhir Zaman yang mulai terlihat tanda-tandanya. Terakhir, beliau berpesan agar umat Islam sebagai garda terdepan dituntut untuk meyakininya dan ikut menyongsong perubahan tersebut, agar memperoleh kebaikan, bukan hanya berupa pahala di akhirat, tetapi juga kemenangan di dunia. Kemenangan Islam pun akan membawa rahmat yang sesungguhnya bagi alam semesta.

Kajian Ust. HafidzAcara I’tikaf ini diikuti oleh sekitar 90 peserta (ikhwan dan akhwat). Event ini merupakan bagian dari rangkaian acara Paramadika (Panitia Ramadlan dan Idul Fitri di Kampus), yang merupakan acara tahunan yang yang diselenggarakan oleh DKM Unpad Masjid Al-Jihad. Sebelumnya, dalam Paramadika tahun ini, diselenggarakan acara Tadarus Buku membedah buku Wajah Peradaban Barat yang mengundang penulisnya, Dr. Adian Husaini, MA. dari INSISTS, serta menyandingkannya dengan pembanding dari pembina DKM Unpad Masjid Al-Jihad, Dr. Tb. Chaeru Nugraha, M.Hum., kajian Tafsir oleh Ustadz Dr. Nashruddin Syarif di tiga Jumat awal Bulan Ramadlan, Kajian Enterprenership Muslim oleh Ustadz Dede Sulaeman, sebagai owner RajaRak yang juga merupakan Aktivis Bakti DKM Unpad, serta Kajian Muslimah Edisi Ramadlan yang diselenggarakan atas kerjasama dengan BWI (Bina Wanita Islam) dengan mengundang Ustadzah Sasa Esa Agustina, istri Ustadz Dr. Aam Amirudin. (El Majalinkani)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *