Jokowi di Mata Rakyat Indonesia

Oleh : Ondi Kautsar (Staff Ahli Departemen Pembinaan LDK DKM Unpad)

jokowi

Gaya blusukan yang diterapkan jokowi menjadi sorotan media di indonesia bahkan berita blusukan ini sampai menyebar ke amerika serikat,dimana gaya seorang pemimpin ini menjadi daya tarik sendiri di wilayah perpolitikan indonesia.Seorang gubernur yang gemar turun ke lapangan berbicara dengan warga,dan kedatangannya selalu disambut antusias oleh warga.bagaimana Jokowi berusaha menjelaskan program-program pembangunan dengan menyapa langsung warganya. Jokowi juga menggali informasi dan keinginan warga tentang program-program itu. Ini yang sering disebut Jokowi sebagai “belanja masalah”.

hal-hal yang sudah dilakukan Jokowi di tahun pertamanya memimpin Ibu Kota. Jokowi memenuhi janji-janjinya selama kampanye, yakni membuat Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar untuk warga kurang mampu. Ia juga menerapkan sistem pembayaran pajak secara online serta memastikan pembangunan sarana transportasi cepat massal.

Catatan lainnya meliputi pemindahan pedagang kaki lima dari jalan-jalan sekitar Pasar Tanah Abang yang menyebabkan kemacetan lalu lintas di Jakarta Pusat. Tidak hanya memindahkan PKL, Jokowi juga menyediakan ruang bagi pedagang itu untuk menempati lapak-lapak di dalam pasar terdekat. Upaya Jokowi memindahkan 7.000 keluarga miskin di sekitar Waduk Pluit, Jakarta Utara, agar waduk itu bisa dikeruk untuk pertama kalinya dalam 30 tahun. Jokowi selalu mengunjungi kedua kawasan itu untuk memastikan proyek yang digagasnya berjalan lancar. Ia juga ingin meyakinkan kepada warga bahwa program relokasi itu dilakukan bukan untuk mengubah kawasan itu dengan membangun pusat perbelanjaan.

Jokowi adalah pemimpin bersih yang tidak menggunakan kekuasaannya untuk memperkaya diri sendiri. Hal ini menjadi pembeda antara Jokowi dan pemimpin lain di tengah cibiran tentang maraknya korupsi di negeri ini.Sejak menjadi gubernur pada Oktober tahun lalu,jokowi telah membuktikan janji-janji kampanyenya.

Adapun persoalan yang belum terselesaikan secara tuntas yakni banjir tahunan dan macet kota jakarta,secara kapabilitas jika di tinjau dari segi waktu yang baru saja satu tahun menjabat jadi gubernur tentu belumlah cukup untuk menyelesaikan permasalahan ini karena seorang spiderman pun tidak bakalan sanggup untuk terselesaikan.

Hal inilah yang menjadi gambaran atau sosok seorang jokowi yang sering ditunggu pergerakan kepemimpinannya tentunya diinginkan oleh rakyat,tapi yang perlu dikoreksi disini adalah keefektivitas blusukan dan kinerja jokowi.contoh KJS ini sudah terealisasikan dalam pemrograman kerja beliau tetapi banyak sekali rumah sakit yang mengundurkan diri untuk melayani KJS tersebut karena dari segi pelayan pekerjaan harus secara intensif dan KJP punsering disalah gunakan oleh setiap kalangan masyarakat yang telah mendapatkan kjp tersebut,permasalahan dari segi penggunaan anggaran jokowi ahok juga terlalu boros sehingga APBD tahun ini paling parah pengeluarannya dari tahun-tahun sebelumnya.

Yang paling menarik disini adalah hampir atau nyaris tanpa kritikan tentang jokowi ahok yang selalu dibeberkan di media sehingga rakyatpun menunggu-nunggu sosok pemimpin bangsa ini yang akan mengentaskan segala permasalahn yang begitu rumit dengan melihat kinerja jokowi sudah berhasil membawa kota solo menjadi kota terbaik.terutama media-media sekuler dan liberal,sangat gencar mengampanyekan jokowi akan melenggang atau menjadi calon presiden terkuat tahun 2014 nanti dan tentunya media asing turut andil dalam pemberitaan. Ketika sejumlah partai politik tengah mencari calon presiden,sebagian besar orang indonesia mengatakan hanya jokowi yang paling tepat menjadi presiden.Memang benar jika dilihat dari elektabilitasnya jokowi paling diunggulkan untuk menang pemilu 2014.

Perlu diingat ,yang menjadi persoalan sekarang ini khususnya indonesia bukan sekedar permasalahan individu,tapi juga sistem.Pangkal persoalan didunia islam khususnya indonesia Pertama adalah penguasa-penguasa didunia islam yang menjadi boneka negara-negara penjajah.kedua,diterapkannya sistem kufur yang bukan berasal dari syariat islam.Maka Keberhasilan Jokowi bisa diukur oleh dua hal diatas.Apakah jokowi bisa muncul sebagai pemimpin yang tidak tunduk terhadap penguasa barat?berani kah jokowi melawan keinginan negara-negara barat terutama amerika serikat dan sekutu-sekutunya?.

Tunduk kepada barat menandakan dia siap jadi pelayan/pesuruh setia yang siap mengorbankan rakyatnya sendiri,membiarkan kekayaan alamnya yang dimiliki indonesia dirampok habis-habisan oleh negara-negara imperialis meskipun rakyat indonesia hidp dalam keterpurukan dan kemiskinan.Tidak usah dibantah lagi ketika pada era megawati pengelolaan sumber daya alam diserahkan kepada pengusaha asing.Tapi hal ini belumlah jelah tentang keberanian jokowi untuk tidak tunduk pada negara-negara barat.

Karut marut minyak dan gas di indonesia berpangkal pada kesalahan perundang-undangan yang amat fatal,demokrasi menjadikan uang sebagai panglima.inilah lahir berbagai UU yang menguntungkan bagi para investor asing,lahirnya UU ini menguntungkan para penjajah atau yang lebih berpihak kepada pemilik modal.Demokrasi yang katanya dari rakyat,oleh rakyat, dan untuk rakyat ini tidak berlaku tapi dari pemodal,oleh pemodal dan untuk pemodal.sistem kapitalisme ini melahirkan kebijakan politik dan ekonomi yang memberikan pengokohan penjajahan barat.

Satu-satunya sistem yang memiliki watak perlawanan terhadap kedzaliman terhadap penjajah kapitalisme ,menjadi pengganti,bahkan akan menghancurkan sistem kapitalisme adalah Sistem Islam.Itu berupa syariah islam yang diterapkan secara total (kaffah) oleh negara Khilafah.

Amat menyedihkan kalau umat islam,rakyat indonesia,tertipu dengan sosok-sosok yang dijagokan oleh barat,didukung oleh barat,partai sekuler/liberal maupun kelompok-kelompok yang menjadi boneka barat dengan mendukung media sekuler.sebab pemimpin seperti itu akan menjurumuskan kembali kedalam jurang penjajahan barat yang telah membuat rakyat menderita.Pemimpin seperti itu akan mengulangi kesalahan pemimpin yang lahir dengan cara yang sama,menjadi pemimpin bebek.

Perlunya seorang pemimpin islam untuk tidak patuh pada antek-antek penjajah karena sudah jelas hancurnya negeri ini disebabkan para penguasa yang menyalahgunakan kekuasaan yang diamanahkan oleh rakyatnya sendiri,bukan hal itu saja kemaksiatan dimana-mana sehingga bencana pun juga tak terbantahkan adanya.Umat islam sekarang ini janganlah tertipu oleh popularitas seseorang yang begitu banyak memberikan janji-janji manis realitanya,dari belakang meraka akan membuat menderita rakyatnya sendiri.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang patuh pada syariat islam dan menerapkannya secara total tidak setengah-setengah.

*disampaikan dalam Forum FGD LDK DKM Unpad pada tanggal 30 oktober 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *