Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri 1434 H di UNPAD

idul fitri unpadTepat pada pukul 06.30 di hari yang begitu cerah ribuan jamaah melaksanakan Shalat Idul Fitri di Lapangan Parkir Utara kampus Universitas Padjadjaran (Kamis, 08/08/2013). Jamaah sudah mulai memadati lapangan sejak pukul 05.30. Pelaksanaan shalat Idul Fitri ini merupakan agenda tahunan Unpad dengan lembaga kerohaniannya Islam tertinggi, Dewan Keluarga Masjid Universitas Padjadjaran (DKM Unpad). Dalam pelaksanaannya Rektor Unpad, Prof. Dr. Ir. H. Ganjar Kurnia, DEA., Bertindak sebagai imam shalat, dan khatib kali ini adalah Dr. Med. Setiawan, dr selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerja sama. Adapun tema yang diangkat dalam khutbahnya yaitu “Refleksi Puasa : Upaya Untuk membangun Diri dan Masyarakat yang Sehat”.

Pelaksanaan shalat Idul fitri ini diawali dengan sambutan dari Ketua Umum DKM Unpad, Budi Harsanto,SE, MM. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa pelaksanaan Shalat Idul Fitri ini merupakan puncak dari rangkaian kepanitiaan PARAMADIKA 1434 H (Panitia Ramadhan dan Idul Fitri di Kampus) yang selama sebulan penuh melaksanakan program-programnya, di antaranya Kajian sore, Tabligh Akbar, Tarhib Ramadhan, Pesantren Liburan Mahasiswa, bakti sosial, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Dalam khutbahnya khatib menekankan pentingnya melaksanakan puasa di bulan Ramadhan sebagai bukti ketaaqwaan seorang hamba kepada tuhannya. Selain itu beliau juga mengungkapkan bahwa ada banyak faedah yang bisa didapat selama kita melaksanakan puasa, khususnya bagi kesehatan tubuh.

1079375_363014733801349_1827051317_n

“… konsep ummat islam yang beriman dan bertaqwa tidak lain adalah, bahwa tubuh yang berenergi, yang dijaga aspek fisiknya, semata-mata untuk memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas dalam konteks kita sebagai hamba yang harus beribadah kepada Allah SWT.”

Lebih lanjut, khatib menegaskan kepada jamaah bahwa sebagai ummat muslim diharapkan setelahnya melaksanakan puasa sebulan penuh akan terbentuk sebuah pribadi yang mampu mengendalikan diri terhadap nafsu yang bersifat merusak.

“sebagai ummat muslim yang telah melatih diri selama satu bulan lamanya maka diharapkan dengan pengendalian diri terhadap nafsu yang bersifat merusak, menjadi nafsu yang berpasrah dan taat kepada Allah SWT.”

Khatib mengakhiri khutbahnya dengan pembacaan doá yang intinya mengharapkan ampunan dan ridho Allah selama sebulan penuh dan juga mengharapkan dengan melaksanakan puasa di bulan ramadhan ini semua muslim bisa menjadi insan yang lebih bertaqwa kepada Allah SWT. Menurut beliau perumpamaan orang yang bertaqwa seperti halnya lebah yang senantiasa memberikan kebaikan kepada sesamanya.

Shalat idul fitri ini berakhir pada pukul 07.30 WIB. Di antara jamaah yang ada hadir pula Dewan Pembina DKM Unpad, di antaranya Prof. Himendra Wargahadibrata dan Ust. Tb. Chaeru Nugraha, M. Hum. Di akhir pelaksanaan shalat Idul Fitri jamaah berbaur dengan yang lainnya untuk bermusafahah dan saling memohon maaf satu sama lainnya.

Alhamdulillah dari awal sampai akhir kegiatan sahalat idul fitri 1434 H berjalan dengan lancar dan tertib.

Laporan Oleh : (RN dan RA).
1148026_363014597134696_51035218_n


Silakan Download isi Khutbah di sini:

KHOTBAH-IEDUL-FITRI-1434-Setiawan-rev1bhs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *