Shutdown Amerika

Oleh : Satriawan Hendra (Mahasiswa Fapet Unpad / Aktivis LDK DKM Unpad)

shutdown-Amerika

Kebanyakan dari kita ,mungkin bertanya-tanya apa itu Shutdown Amerika ? Apa maksudnya ?Apakah akan mematikan semua program yang dijalankan sepertihalnya laptop atau Komputer yang di shutdown ?Jawabnyaya hampirmendekati seperti itu, Amerika akan mematikan sebagian besar roda pemerintahannya serta fasilitas publik yang tidak penting .

Hal tersebut terjadi disebabkan anggaran belanja Negara amerika yang mulai krisis akibat pengajuan anggaran pendapatan dan belanja negara 2013-2014 (APBN) tidak disetujui Parlemen dan bila pemerintah amerika serikat gagal membayar hutang luar negeri saat tenggang waktu mulai dekat yakni tanggal 17 Oktober 2013. Sejak tanggal 1 Oktober Amerika mulai mematikan sebagian roda pemerintahan dan fasilitas public. Obama sendiri sebagai presiden Amerika menyadari bahwa apa yang  terjadi dalam 16 hari terakhir krisis shutdown –yaitu yang membuat beberapa layanan pemerintah berkurang karena masalah anggaran yang mandek di Kongres—telah mengganggu posisi AS di mata internasional.

Pengajuan anggaran pendapatan dan belanja Negara 2013-2014 ditolak oleh parlemen yang dikuasai oleh partai Republik. Penolakan atas rancangan anggaran, terutama yang dijadikan alasan oleh Partai Republik, terkait rencana kebijakan yang dikenal dengan Obama care. Yakni, jaminan fasilitas kesehatan bagi warga Amerika dan Presiden Barrack Obama tidak bisa memutuskan anggaran sepihak. Drama shutdown ini kali pertama terjadi sejak 17 tahun yang lalu pada saat terjadinya perseteruan anggaran antara Presiden Bill Clinton dari Partai Demokrat dan Kongres dari Partai Republik sedangkan menurut finance.detik.com shutdown sendiri sebelumnya pernah terjadi sebanyak 17 kali di Negara Amerika.

Shutdown Amerika telah memberi dampak buruk bagi Negara lain  yang bekerja sama dalam perdagangan dan perekonomian internasional khususnya pada Negara Paman Sam sendiri. Seperti contoh negara Indonesia mengalami dampak buruk pada keterlambatan nilai ekspor ke negeri Paman Sam ini bahkan penundaan atau lebih buruk lagi adalah adanya  pembatalan ekspor. Salah satu sector yang terpukul adalah industry tekstil yang berorientasi ekspor khususnya ke Amerika dimana konsumen di Amerika akan menunda pembelian kebutuhan akan hal yang bersifat sekunder misalnya pakaian. Kondisi ini akan menjadi ancaman serius bagi keberlangsungan industry tekstil yang berakibat pada jumlah pengangguran yang meningkat.

Pada periode Januari – Agustus 2013, neraca perdagangan Indonesia dengan Amerika mengalami surplus 4 milliar dollar AS, Nilai ekspor Indonesia ke Amerika 9.99 milliar dollar AS sementara nilai impor tercatat 5.978 milliar dollar AS. Kondisi inilah yang menjadi aspek yang dikhawatirkan akibat shutdown Amerika ini yakni penurunan nilaie kspor yang diakibatkan penurunan permintaan masyarakat AS akan komoditas yang dihasilkan oleh industri di Indonesia.

Dari dalam negerisendiri Efek yang paling besar akan muncul dari berkurangnya belanja para konsumen dan para karyawan pun menunda pembelian barang yang tidak terlalu pokok. Karyawan pemerintah, kontraktor yang berhubungan dengan proyek pemerintah, juga karyawan non federal lain pun kehilangan pendapatan mereka dalam masa shutdown ini. Kemudian Sekitar 800.000 ribu pekerja kantor pemerintah atau lembaga publik, yang selama dua minggu lebih dirumahkan, bisa kembali bekerja mulai Kamis tanggal 17 Oktober 2013 setelah pemerintah mendapat dana segar dari Kongres untuk pembiayaan operasional.

Adapun segi positif dari dampak shutdown bagi umat muslim terutama yang sedang terjadi konflik di Suriah dan Mesir, Amerika akan menunda rencana pengeboman terhadap suriah serta mengurangi dana bantuan militer ke mesir sebesar 50 %  sebab disibukan dengan dampak shutdown jangka pendek atau jangka panjang. Ini merupakan kesempatan untuk membangun kekuatan kembali untuk memerangi negara-negara yang memusuhi dan mengahancurkan islam.

Pada tahun-tahun sebelumnya, krisis anggran sudah pernah terjadi namun tidak sebesar dan berdampak kebijakan shutdown. Sebagai bukti kecil Negara adi daya ini akan bangkrut, salah satunya pada kota Detroit, Michigan dengan jumlah utang US$ 18 M pengajuan  status pailit 18 Juli 2013 dan Stockton, California hutang US$ 1 Mdilansir liputan6.com tanggal 1 Agustus 2013.

Tanggal 17 Oktober 2013, bertepatan dengan hari kamis presiden Barack Obama menandatangani peminjaman dan perpanjangan hutang hingga awal bulan tahun2014, total hutang akan membesar dari sebelumnya sebesar US$16,7 triliun hal tersebut untuk mengurangi sebagian krisis anggaran dan menyelamatkan roda pemerintahan supaya berjalan kembali secara normal.

Fenomena ini mengingatkan sejarah tentang Negara Turki, dimana Turki disebut atau digelari dengan sebutan “sick man of Eropa” ((Lelaki yang Sakit dari Eropa) yakni sebuah istilah yang menggambarkan situasi memburuknya Kekhilafahan Usmani yang diutarakan oleh Nicholas I dari Rusia pada tahun 1853. Dimana saat itu kekhilafahan Turki Utsmani memiliki utang sebesar 132 juta poundsterling emas kepada beberapa Negara asing yang mencaplok beberapa wilayah kekhilafahan turki utsmani sehingga wilayah yang tadinya sampai ke palestina, kemudian menyusut hingga hanya menguasai wilayah Turki saja. Nicholas I dari Rusia menggambarkan Khilafah Usmani sebagai “orang yang sakit (the sick man) – yang sakit parah, seorang dengan penyakit parah yang sulit disembuhkan, atau orang yang sangat sakit…….sakit parah.” Hingga akhirnya pada tanggal 03 maret 1924 kekhilafan Islam Tukri Utsmani dibubarkan.

Keadaan Amerika saat ini hampir menandakan kesamaan sejarah pembubaran Kekhilafaan Ustmani dilihat dari krisis anggaran dan utang piutang yang sedikit-demi  sedikit mengancam roda pemerintahan negara yang dijuluki AdiKuasa atau One Man Show.  Hal ini memaksa , AS harus lebih mentoleransi kekuatan-kekuatan lain. AS secara terbuka meminta Negara-negara lain seperti Rusia ,China, Negara Petrodollar Arab, lebih banyak menanamkan investasinya di IMF dan Bank Dunia. Negara ini juga merelakan berdirinya pangkalan militer yang pertama Perancis di Abu Dhabi Uni EmiratArab  .Peresmian basis militer yang diberi nama “Kamp Perdamaian” dilakukan oleh Presiden Prancis Nicolas Sarkozy.Pertanyaannya kini akankah Amerika dijuluki sebagai “Amerika The New Sick Man” tahun 2014 ???????

*Disampaikan pada tanggal 23 Oktober 2013 dalam Forum FGD LDK DKM Unpad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *